10 Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa Menurut Hadis, Salah Satunya Saat Mendengar Azan

 


Salah satu bentuk penghambaan manusia kepada Allah Subhanahu wa ta'ala ialah dengan memanjatkan doa untuk meminta petunjuk atau penyelesaian segala persoalan hidup. Allah pun sangat mencintai siapa saja yang selalu berdoa. Hal ini sesuai kandungan surah Al-Mu'min ayat 60.

Istimewa


Namun di antara beberapa doa, ada doa-doa yang mudah dikabulkan karena dipanjatkan pada waktu yang tepat. Nabi Muhammad SAW pun menegaskan dalam beberapa hadisnya, jika doa yang dilakukan pada waktu-waktu tersebut sangat mustajab (mudah dikabulkan).

Berikut 10 waktu paling baik untuk berdoa menurut hadis Nabi, dirangkum AKURAT.CO dari berbagai sumber, Kamis (31/10).

1. Ketika azan berkumandang

Salah satu waktu paling baik untuk melantunkan doa ialah di saat kita mendengar kumandang azan. Hal ini sebagaimana hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Daud.

"Doa tidak akan tertolak pada dua waktu. Atau kecil kemungkinan tertolak. Yakni saat azan berkumandang dan saat terjadi peperangan, di mana kedua kubu saling menyerang," (Riwayat Abu Daud).

2. Waktu antara azan dan ikamah

Waktu lainnya yang mustajab untuk berdoa ialah di saat antara azan dan ikamah. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW riwayat Ahmad.

"Sungguh berdoa di antara azan dan ikamah tidak tertolak, maka pergunakanlah waktu itu untuk berdoa," (Riwayat Ahmad)

3. Ketika sujud dalam salat

Dalam sebuah hadisnya, Rasulullah SAW pernah menegaskan jika waktu sujud merupakan saat di mana jarak antara manusia dengan Allah itu sangat dekat. Maka Rasulullah pun menyarankan agar banyak berdoa saat kita melakukan sujud dalam salat.

"Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya saat ia sedang bersujud. Maka hendaklah perbanyak berdoa saat itu," (Riwayat Muslim nomor 582)

4. Setelah salat wajib

Setelah salat wajib juga menjadi salah satu waktu di mana jika doa dipanjatkan maka akan lebih mudah dikabulkan. Hal ini sesuai hadis Nabi sebagai berikut.

"Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa yang kita panjatkan akan didengar oleh Allah? beliau menjawab: Di akhir malam dan ketika selesai salat," (Riwayat Tirmidzi nomor 3499).

5. Sewaktu hujan

Saat hujan turun pun menjadi salah satu waktu di mana doa akan lebih mudah di kabulkan. Mengenai hal ini, Rasulullah bersabda.

"Doa tidak akan tertolak yang dipanjatkan pada dua waktu, yakni ketika azan berkumandang dan ketika turun hujan," (Riwayat Hakim nomor 2534).

6. Saat lailatul qadar

Bagi umat Islam, lailatul qadar merupakan momen paling berharga di setiap tahunnya. Di mana ibadah yang dilakukan pada malam tersebut lebih baik dari seribu bulan. Tidak hanya itu, segala doa yang dipanjatkan juga akan lebih mudah dikabulkan.

Hal ini sebagaimana diceritakan oleh Aisyah Radhiallahu'anha.

"Aku bertanya kepada Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika bertemu dengan malam Lailatul Qadar? Rasulullah bersabda: Bacalah doa Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni" (Riwayat Tirmidzi nomor 3513).

7. Saat sahur atau sepertiga malam

Selain saat lailatul qadar, saat sahur juga menjadi waktu terbaik untuk memanjatkan doa. Hal ini ditegaskan dalam hadis Nabi yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: 'Orang yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan, dan orang yang meminta sesuatu akan Aku berikan, serta orang yang meminta ampunan, akan Aku ampuni," (Riwayat Bukhari nomor 1145 dan Muslim nomor 758).

8. Saat hari Jumat

Disebut sebagai 'sayyidul ayyam' atau pemimpinnya hari, Jumat merupakan salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan doa. Pasalnya, di saat itu doa akan lebih mudah dikabulkan. Rasulullah bersabda dalam hadisnya:

"Rasulullah Shalallahu'alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda: 'Di dalamnya terdapat waktu, di mana jika seorang muslim memanjatkan doa, maka akan dikabulkan'. Lalu Rasulullah mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut," (Riwayat Bukhari nomor 935 dan Muslim nomor 852).  

9. Ketika berpuasa

Waktu terbaik lainnya untuk memanjatkan doa ialah di saat waktu seseorang sedang berpuasa. Hal ini sesuai hadis Nabi yang diriwayatkan Tirmidzi.

"Ada tiga doa yang tidak tertolak. Yakni doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil, serta doanya orang yang terzalimi," (Riwayat Tirmidzi nomor 2528)

10. Saat hari Arafah

Selanjutnya, doa yang terbaik dilakukan ialah saat hari Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Rasulullah bersabda seperti berikut.

"Doa yang terbaik adalah ketika hari Arafah," (Riwayat Tirmidzi nomor 3585).

Itulah 10 waktu terbaik untuk memanjatkan doa sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW. []